Friday, September 18, 2015

Konfigurasi IP Address Ubuntu Secara Statik

Konfigurasi IP Address Ubuntu Secara StatikArtikel ini akan membahas tentang cara setting IP address pada salah satu distro linux, Ubuntu Server.Settingan IP address dapat dilakukan dengan cara manual (static) atau dengan cara menggunakan metode DHCP client (dynamic). Meski caranya berbeda, tetapi tujuannya tetap sama.

Baik, untuk penjelasan pertama ini akan difokuskan pada settingan secara Statik. Sebelum melakukan setting IP address, informasi yang penting yang harus kita ketahui adalah label yang digunakan untuk menginisialisai interface jaringan yang terpasang. Dalam linux biasanya ditulis dengan "eth0", "eth1", "eth2", dan seterusnya. 

Tahap-tahap lai yang dilakukan selanjutnya yaitu :
  1. Buka lah terminal linux Ubuntu. Cek IP Address dari Interface eth0 anda dengan mengetikan perintah "ifconfig" pada terminal linux, kemudian cek apakah sudah ada konfigurasi IP Address atau belum. IP address yang tercantum pada interface eth0 merupakan IP tetap dari jaringan yang diakses oleh Ubuntu tersebut. 



  2. Masuklah privilege sebagai "root". Masuk ke root dengan perintah sudo su enter. Kemudian masukkan password Ubuntunya.
     
  3. Selanjutnya, untuk mengkonfigurasi IP address dari interface eth0 secara manual dapat diiedit dengan mengetikkan perintah sudo nano/etc/network/interfaces pada terminal linux dan ditutup dengan enter.

  4. Kemudian munculah lembar terminal baru yang berfungsi untuk konfigurasi IP Address. Pada awalnya, muncul konfigurasi standar dari server Ubuntu, dikarenakan kita akan mengkonfigurasi IP Address secara manual (static) maka konfigurasi yang diinputkan yaitu seperti berikut :  
         auto eth0 =====> agar eth0 otomatis hidup saat network interface di restart
         iface eth0 inet static =====> konfigurasi eth0 secara static
         address 172.16.30.20 ====> IP address yang akan diberikan pada eth0
         netmask 255.255.255.0 =====> Sub Netmask yang terdiri dari jumlah banyak client   dalam satu jaringan
         network 172.16.30.0 =====> Merupakan network dari IP address 172.16.30.20
         broadcast network =====> Untuk mengirim dan menerima informasi dalam satu network

    5.  Simpan pengaturan dengan cara menekan tombol "ctrl + x" dan tekan enter.

  6. Langkah selanjutnya yaitu mensetting DNS server dengan mengedit di terminal dengan perintah   sudo nano /etc/resolvc.conf kemudian enter.


   Kemudian beri alamat DNS server seperti dibawah ini dan ditutup dengan " ctrl + x " dan enter. 







   7. Tahap terakhir yaitu menerapkan pengaturan yang sudah disettingkan. Penerapan ini dilakukan dengan merestart Network Interface dengan mengetikkan perintah sudo nano/etc/init.d/networking restart



Terakhir, untuk mencoba hasil konfigurasi yang sudah dilakukan, lakukan PING ke IP address yang terhubung dalam koneksi yang sama. Apabila tidak ada eror, maka konfigurasi yang telah dilakukan berhasil.


Untuk konfigurasi IP address Ubuntu secara Dinamik akan dijelaskan pada artikel selanjutnya

0 comments:

Post a Comment