Friday, September 18, 2015

Konfigurasi IP Address Ubuntu Secara Dinamik

Setting IP Address di Ubuntu Server Dengan Metode DHCP Client (Dinamik) - Hampir di setiap sistem operasi sudah dilengkapi dengan fitur DHCP client, tak terkecuali Linux. Pada artikel ini  akan membahas bagaimana cara memanfaatkan fitur DHCP client yang ada pada Sistem Operasi Linux. Dengan menggunakan fitur DHCP client ini, user tidak perlu lagi repot-repot memasukkan IP secara manual (statik).

Settingan ini jelas lebih sederhana dan mudah dibandingkan dengan settingan IP address Ubuntu dengan cara statik atau manual. Pertama, untuk mengecek apakah interface eth0 sudah mendapatkan IP address atau belum, kita bisa mengetikan perintah "ifconfig eth0" pada terminal linux.

Terlihat pada gambar bahwa konputer sudah terkonfigurasi IP address secara manual. Namun, konfigurasi ini bisa saja hilang atau berbeda ketika merestart komputer. Agar konfigurasi ini tidak hilang, dapat dilakukan mengedit file /etc/network/interfaces. Caranya:

Buka file dengan mengetik perintah di terminal linux "nano /etc/network/interfaces", tanpa tanda petik.

Kemudian akan terbuka filenya. Silahkan tambahkan beberapa baris script dibawah ini pada file tersebut. Lihat gambar.


 Setelah selesai menambahkan, save (Ctrl+O), kemudian keluar dari file tersebut (Ctrl+X).

Pada teminal Linux ketikan perintah berikut untuk merestart networknya.
 /etc/init.d/networking restart

 Setelah itu ketikan perintah "ifconfig" untuk melihat IP address yang terkonfigurasi pada interfces eth0.
Nah, sekarang komputer yang disetting tadi sudah mendapatkan IP address. IP address ini tidak akan hilang atau berganti meskipun komputer di restart. Untuk mencoba jaringan dari alamat IP ini dapat dilakukan ping kepada komputer lain pada jaringan yang sama, jika tercantum replay, maka konfigurasi ini berhasil.




0 comments:

Post a Comment