Tuesday, January 5, 2016

Video on Demand


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgFh388M1cuvr2VUPt9-yiO1pMOyTUwuS2RQS-6w2pxeHSiTn_JXyV8DcFmNe2h0SWKDt-nsTymJ7EgZKYI0wU5HhksL7v1zpBbW5aI24zGJ1ZnbAYB7G_945hKXpKKoD2B3s8DtPwIudU/s1600/1.jpg Video-on-demand (disingkat VOD) adalah sistem televisi interaktif yang memfasilitasi khalayak untuk mengontrol atau memilih sendiri pilihan program video dan klip yang ingin ditonton. Fungsi VOD seperti layaknya video rental, di mana pelanggan dapat memilih program atau tontonan ketika yang ingin ditayangkan. Pilihan program dapat berupa sederet judul film, serial TV, acara realitas, video streaming, dan program lainnya. tidak hanya menonton, khalayak pun dapat menyimpan serta mengunduh program semau mereka. Untuk menontonnya khalayak dapat menggunakan set-top box dari video yang sudah diunduh, atau menggunakan komputer, ponsel, dan alat-alat komunikasi elektronik lainnya yang berkemampuan mengakses konten audio dan visual. Sebagian VOD memberikan pelayanan dengan sistem pembayaran per tayangan pay-per-view.
          Salah satu hal yang ingin bisa dicapai dari industri komunikasi adalah memberikan kontrol yang penuh terhadap para penggunanya. Karena itulah konsep Video-On-Demand coba dikembangkan. Melalui konsep ini pengguna akan memiliki kebebasan penuh untuk memilih apa yang ingin ia lihat. Semuanya berjalan secara interaktif dan menggunakan tombol serta perintah yang sederhana. Bisa pause, rewind, fast forward, atau apapun yang kita inginkan. Melalui VOD juga akan terbuka peluang untuk menyimpan apa yang kita lihat. VOD menjanjikan kepuasan yang sifatnya lebih personal. Kepentingan pribadi satu orang lebih diutamakan dibandingkan kemauan orang banyak.
          Jadi, VOD adalah sebuah konsep di mana sistem pertelevisian yang sudah bersifat sangat interaktif dengan fasilitas pemilihan content dari sebuah acara televisi. Ini bisa berupa film, serial, potongan berita, atau apapun yang kita inginkan. Semua tinggal sebut, pesan, dan bayar. Maka kita pun bisa menikmatinya.
          Pada posting kali ini saya akan menggunakan software XAMPP sebagai servernya.
XAMPP adalah software web server apache yang di dalamnya tertanam server MySQL yang didukung dengan bahasa pemrograman PHP untuk membuat website yang dinamis. XAMPP sendiri mendukung dua system operasi yaitu windows dan Linux. XAMPP memiliki 3 komponen utama yang di tanam di dalamnya yaitu web server Apache, PHP, dan MySQL


          Berikut langkah langkah yang dilakukan untuk konfigurasi Video-On-Demand:
 
  1. PC yang digunakan harus terinstall XAMPP terlebih dahulu, jadi pertama adalah Install XAMPP pada PC anda 
  2. Setelah selesai, buka XAMPP Control Panel kemudian akan muncul tampilan seperti berikut.  Dari berbagai menu yang di sediakan XAMPP kita hanya menggunakan modul Apache, Ceklist bagian Apache lalu klik Start, jika berhasil maka akan muncul status *Running* 
  3. buka folder dimana XAMPP di install, default nya ada di Local Disk (C:) komputer anda, setelah itu masuk ke folder htdocs lalu create folder baru, difungsikan untuk melakukan proses streaming Video-on-Demand tersebut, contoh: VOD_ON_VLC
  4. buat sebuah file sharing ke dalam format .html yang akan dibuka via browser nantinya seperti gambar berikut, beri nama file tersebut, contoh test.html
  5. Copy video yang ingin ditampilkan, lalu edit file test.html seperti berikut, perlu diketahui yang terpenting adalah kita mengetahui resolusi dari video, beberapa hal yang perlu diingat Width dan Height adalah Resolusi dari target video yang akan digunakan, dan target adalah nama video yang akan diputar.
  6. Selelah itu, video dapat diputar dengan menggunakan browser anda dengan menggunakan link LocalHost pada PC server yaitu localhost/(nama folder yang dibuat)/(nama file.html anda).

1 comment:

  1. Terimakasih untuk informasinya ya, bermanfaat banget.
    Oh ya, sekedar nambahin informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Sewa AC Jakarta untuk keperluan berbagai acara seperti konser, pernikahan, meetup, atau lainnya bisa coba hubungi kami Arthur Teknik. Dengan senang hati, kami akan siap membantu Anda.

    Terimakasih lagi min,
    Salam blogger.

    ReplyDelete