Voice over IP telah diimplementasikan dalam berbagai macam jalan menggunakan hak milik dan standar serta protokol terbuka. Contoh protokol jaringan yang digunakan untuk mengimplementasikan VoIP meliputi:
- H.323
- Media Gateway Control Protocol (MGCP)
- Session Initiation Protocol (SIP)
- Real-time Transport Protocol (RTP)
- Session Description Protocol (SDP)
- Inter-Asterisk eXchange (IAX)
Sebuah implementasi milik penting adalah protokol Skype, yang sebagian didasarkan pada prinsip-prinsip peer-to-peer (P2P) jaringan.
Keuntungan VoIP:
- Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
- Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.
- Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.
- Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa
- Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah VoIP Rakyat.
- Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset
- Kualitas suara tidak sejernih jaringan PSTN. Merupakan efek dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan PSTN konvensional. Namun jika koneksi internet yang digunakan adalah koneksi internet pita-lebar / broadband seperti Telkom Speedy, maka kualitas suara akan jernih - bahkan lebih jernih dari sambungan Telkom dan tidak terputus-putus.
- Ada jeda dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara, jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VoIP. Kecuali jika menggunakan koneksi Broadband (lihat di poin atas).
- Regulasi dari pemerintah RI membatasi penggunaan untuk disambung ke jaringan milik Telkom.
- Jika belum terhubung secara 24 jam ke internet perlu janji untuk saling berhubungan.
- Jika memakai internet dan komputer di belakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus untuk membuat VoIP tersebut berjalan
- Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VoIP melewati internet.
- Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX (IP telephony gateway) relatif berharga mahal. Diharapkan dengan makin populernya VoIP ini maka harga peralatan tersebut juga mulai turun harganya.
- Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/Stuck. Jika pemakaian VoIP semakin banyak, maka ada potensi jaringan data yang ada menjadi penuh jika tidak diatur dengan baik. Pengaturan bandwidth adalah perlu agar jaringan di perusahaan tidak menjadi jenuh akibat pemakaian VoIP.
- Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran
Konfigurasi VoIP dengan Ubuntu:
- Instal aplikasi asterisk pada ubuntu dengan perintah apt-get install asterisk. Tunggu hingga peninstalan berhasil. Asterisk merupakan implementasi perangkat lunak dari "telephone private branch exchange (PBX)", diciptakan pada tahum 1999 oleh Mark Spencer dari Digium. Seperti PBX lainnya, dimungkinkan memang pesawat telepon dan melakukan panggilan ke satu dengan lainnya, termasuk tersambung ke layanan telepon pribadi dan publik, termasuk layanan jaringan telepon umum (PSTN) dan Voice over Internet Protocol (VoIP).
- Setelah selesai, maka saatnya konfigurasi Asterisk yaitu pada file sip.conf dan extensions.conf. konfigurasi file sip.conf dengan menggunakan perintan nano /etc/asterisk/sip.conf
- Pada file sip.conf isi seperti gambar dibawah. [8001][8002] merupakan berupa nomor telepon yaitu extensi yang akan dijadikan alamat atau nomor telponnya. type merupakan penandaan atau group. Nama pada context harus sama, nanti juga akan dipanggil di file extensions.conf. Username merupakan nama yang akan muncuk ketika ada telepon masuk. secret merupakan password koneksi dengan X-lite. Host diisi dynamic saja agar client bisa diganti-ganti dengan mudah.
- Konfigurasi file extensions.conf dengan perintah nano /etc/asterisk/extensions.conf.
- Isi seperti gambar dan untuk menyimpan tekan tombol CTRL + X lalu Y dan enter. [SambaLado] harus sama dengan context dari file sip.conf tadi begitu juga dengan nomor telepon [8001] dan [8002
- Restart asterisk dengan perintah /etc/init.d/asterisk restart
- Selanjutnya lakukan pengetesan dengan menggunakan 2 PC yang telah terinstall aplikasi X-lite. Untuk konfigurasi X-lite dapat dilakukan dengan mengklik Softphone > Account Setting. Setting seperti gambar dibawah. Lakukan settingan pada masing-masing aplikasi X-lite client. Settingan yang dimasukan harus sama dengan konfigurasi pada file asterisk server.
- Tunggu beberapa saat hinga X-lite terkoneksi.
- Cobakan salah satu client melakukan panggilan pada client yang lain. Apabila panggilan masuk, maka konfigurasi telah berhasil.
0 comments:
Post a Comment